Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Apa Saja Spot Wisatanya?

Bali mungkin kiblat perjalanan Indonesia, namun tidak ada petualangan yang lebih hebat di Nusantara selain menjelajahi keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Di TNBTS ini, Anda bisa menyaksikan Gunung Bromo memuntahkan belerang setelah melakukan pendakian panjang.

Di TNBTS ini ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati. Rute terpopuler menuju TNBTS sendiri bisa dijangkau dari Malang atau Probolinggo. Wisatawan umumnya bisa memesan tour paket Gunung Bromo yang mencakup akomodasi dan transportasi dari kota-kota lain atau bisa secara mandiri.

Lokasi TNBTS

Sebagai sebuah taman nasional populer di Jawa Timur, TNBTS ini hampir selalu dikunjungi oleh banyak sekali wisatawan dari domestik hingga mancanegara. Dengan menggunakan peta Google Maps, Anda bisa lebih mudah menemukan lokasi taman ini.

Secara administratif, TNBTS memang berada di Provinsi Jawa Timur dan meluas di empat Kabupaten Jawa Timur. Ya, karena luasnya wilayah taman ini, maka TNBTS berada di empat kabupaten mulai Malang, Probolinggo, Pasuruan, hingga Lumajang.

Saat fajar menyingsing, matahari terbit mengangkat kabut dari kaldera dan menampilkan lanskap paling ikonik di Indonesia. Pemandangan kabut kaldera dari Bromo inilah yang membuat ciri khas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Anda bisa menyaksikan pemandangan Gunung Batok atau Gunung Semeru yang sangat besar di TNBTS ini. Gunung terus menerus menghembuskan belerang ke langit dari kawahnya dan momentum inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang datang mengunjungi TNBTS.

Cara Menuju TNBTS

Bagi yang ingin sekali mengunjungi TNBTS, maka Anda bisa datang ke sebuah desa bernama Cemoro Lawang. Desa ini berada di daerah Probolinggo.

Cemoro Lawang merupakan desa kecil yang berada di tepi kaldera dan merupakan tempat terbaik untuk memulai pendakian ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di desa ini, Anda bisa menginap atau menyewa sepeda motor karena penduduk lokal banyak yang menyediakan dan menyewakannya.

Di desa inilah, Anda bisa memulai perjalanan ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Anda bisa naik ke kawah untuk memandangi kedalaman misterius Bromo. Kebanyakan tur untuk menelusuri Gunung Bromo Tengger dan Semeru sudah dibuat jalurnya untuk memudahkan wisatawan melakukan pendakian.

Nantinya Anda memulai perjalanan dari Pura Luhur dekat kaki Gunung Bromo. Dari tempat parkir dekat Pura Luhur Poten Hindu, Anda bisa berjalan santai di tanah datar dan naik ke tangga sekitar 250 langkah.

Namun,  jika tidak kuat untuk melakukan trekking dan terlalu menguras tenaga Anda, alternatifnya adalah menyewa kuda untuk membawa Anda sampai ke puncak.

Daya Tarik TNBTS

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan kawasan yang sayang sekali jika dilewatkan ketika Anda berencana pergi ke Jawa Timur. Di taman nasional ini, ada banyak sekali hal-hal menarik yang bisa dilakukan ketika menjelajahi wisatanya.

1. Penanjakan 1

Penanjakan 1 bisa dibilang adalah sebuah bukit yang menawarkan viewpoint bagus ketika menelusuri TNBTS. Penanjakan 1 adalah tempat sempurna mengambil gambar yang mempesona dari Gunung Bromo.

Panorama alam yang memukau adalah hal paling populer di Bukit Penanjakan 1. Bukit ini  paling mudah diakses melalui Tosari dengan menggunakan jeep. Pada saat musim hujan, mungkin jalan akan berada dalam kondisi buruk akibat aktivitas vulkanik baru-baru ini.

Pastikan Anda selalu memeriksa kondisi kendaraan sebelum memperkuat rencana bepergian Anda. Penanjakan 1 sendiri hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan saat fajar menyingsing. Jika Anda ingin mencari gambar yang sempurna, datanglah sedini mungkin.

2. Penanjakan 2

Penanjakan 2 juga mempunyai daya tarik unik dan terbaik. Sekitar satu jam berjalan kaki dari Cemoro Lawang, Penanjakan 2 adalah alternatif yang tepat dan tenang untuk menyaksikan panorama taman nasional.

Titik panorama berada sekitar setengah jalan antara desa Cemoro Lawang dan Bukit Penanjakan 2. Untuk menemukan bukit ini, Anda bisa menelusuri jalan dari  Cemoro Lawang dan ikuti jalan setapak di lereng gunung sampai menemukan sebuah tangga.

Setelah menaiki tangga, Anda akan menemukan Penanjakan 2 dengan viewpoint yang begitu menakjubkan. Pastikan Anda mengenakan sepatu hiking yang kokoh dan membawa senter jika trekking di malam hari karena cahayanya sangat redup.

3. Kawah Bromo

Begitu sampai di puncak, pemandangan bentang alam yang indah akan membuktikan bahwa perjalanan melelahkan Anda tidak sia-sia. Kawah Gunung Bromo benar-benar sesuatu yang membuat Anda terpukau.

Saat Anda menghirup asap belerang dan menatap lava cair yang menyapu jauh di bawah, Anda akan dibuat terkagum-kagum. Berhadapan langsung dengan kawah Gunung Bromo yang meluap adalah hal utama ketika mengunjungi TNBTS ini.

4. Bukit Cinta

Sebagai pelengkap keseruan perjalanan wisata Anda di TNBTS, maka Anda bisa mencoba untuk datang ke Bukit Cinta. Bukit ini adalah titik tempat mencari golden sunrisenya Gunung Bromo. Di Bukit Cinta ini, Anda bisa melihat megahnya panorama dari atas bukit.

Bukit Cinta sendiri masih terbilang baru kehadirannya dan masih sedikit yang mengunjunginya. Berbeda dengan Bukit Penanjakan 1 yang terlalu ramai oleh pengunjung, maka Bukit Cinta ini lebih sedikit pengunjungnya karena memang belum cukup populer.

Di atas bukit cinta ini, Anda bisa jelas sekali melihat betapa megahnya 3 gunung yang menghadap bukit. Ya, dari bukit  ini, Anda bisa melihat gunung Bromo, Semeru, dan Batok yang saling berdekatan.

5. Bukit Teletubbies

Apabila Anda pernah menyaksikan serial televisi anak-anak bernama Teletubbies, berarti Anda tidak asing dengan bukit yang menjadi latar Poo dan kawan-kawan bermain. Saat ini, Anda bisa menjelajahi sendiri Bukit Teletubbies yang indah di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bukit yang dipenuhi dengan rerumputan hijau halus dan pemandangan serba hijau ini akan mengembalikan ingatan Anda tentang latar serial TV Teletubbies. Siapkan kamera terbaik karena ada banyak spot foto terindah yang bisa Anda buru di TNBTS ini.

Tiket Masuk

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sebenarnya bukan hanya sebuah tempat wisata untuk memandang keindahan alam atau relaksasi saja.

Taman ini juga melindungi hewan mulai dari macan tutul, elang, badak, kijang, dan sebagainya. Tidak hanya melindungi hewan, taman ini juga turut melindungi flora. Nah, untuk bisa masuk ke TNBTS ini beberapa rincian tiket masuk yang bisa Anda keluarkan adalah:

Harga Parkir Kendaraan

Jenis KendaraanTarif
Kendaraan Roda 4Rp 10.000
Kendaraan Roda 2Rp 5.000
SepedaRp 2.000
KudaRp 1.500

Harga Masuk Kawasan Bromo

PengunjungWeekdaysWeekend
DomestikRp  29.000Rp 34.000
MancanegaraRp 220.000Rp 320.000

Harga Masuk Kawasan Semeru

PengunjungWeekdaysWeekend
DomestikRp  19.000Rp 24.000
MancanegaraRp 210.000Rp 310.000

Jam Buka Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Bagi siapapun yang ingin sekali berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kawasan wisata ini tidak memiliki jam buka maupun jam tutup. Anda bisa bebas untuk pergi kapan saja karena memang tidak ada jam operasionalisasinya. TNBTS bebas diakses selama 24 jam penuh.

Anda yang memang ingin mencari tempat untuk berelaksasi dan hunting spot foto terbaik, maka Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur adalah salah satu alternatif yang sangat tepat. Di sini, Anda bisa menemukan banyak sekali destinasi wisata yang bisa dijelajahi selama melakukan pendakian ke Gunung Bromo ataupun Semeru.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.