4 Spot Sunrise Bromo Terbaik yang Sayang untuk Dilewatkan

Berada di Jawa Timur, Gunung Bromo yang menjulang tinggi menjadi daya tarik utama dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sunrise Bromo adalah hal yang paling menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi kawasan wisata populer di Jawa Timur ini. Ya, sunrise Bromo memang begitu indah.

Meskipun Bromo adalah puncaknya, taman ini juga merupakan rumah bagi 2 gunung berapi yang lebih besar yakni Gunung Batok dengan 2.470 mdpl dan Gunung Semeru 3.676 mdpl, serta hamparan yang luas yang dikenal dan dikenal sebagai laut pasir.

Keindahan Sunrise Bromo Malang

Anda mungkin sudah melihat banyak foto Gunung Bromo secara online, baik di situs website atau sosial media. Sunrise Bromo memang tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Jika Anda berharap bisa memiliki pemandangan serupa seperti apa yang Anda lihat di foto, maka rencanakan perjalanan trip ke Bromo dengan sebaik mungkin, baik secara mandiri atau dengan mengandalkan paket wisata.

Tepat di luar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdapat beberapa lokasi titik pandang yang menakjubkan. Gunung Penanjakan dan Bukit King Kong adalah tempat yang menawarkan pemandangan yang luar biasa, dan merupakan view point yang sangat bagus untuk menyaksikan matahari terbit di Gunung Bromo.

Jika Anda mengikuti tour dari Probolinggo atau Malang, kemungkinan besar pemberhentian pertama Anda adalah di Gunung Penanjakan untuk bisa menyaksikan matahari terbit. Setelah turun dari mobil, Anda harus berjalan menanjak antara 10 dan 30 menit tergantung pada viewpoint  yang ingin dicapai.

Nah, waktu matahari terbit sendiri bervariasi sepanjang tahun. Maka dari itu, Anda perlu merencanakan perjalanan sebaik mungkin untuk memastikan Anda tiba tepat waktu.

Mengunjungi Gunung Bromo saat matahari terbit akan memberikan Anda sebuah pemandangan yang benar-benar spektakuler. Anda akan disuguhi matahari terbit yang indah, warna-warna cerah akan menerangi langit, dan memberi Anda pemandangan lanskap yang menakjubkan.

Jika beruntung, biasanya Anda dapat melihat Bima Sakti di langit selama musim kemarau. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Bromo adalah antara bulan April hingga Oktober, karena saat itu musim kemarau.

Berjalan kaki dan hiking pada saat kemarau tentunya jauh lebih mudah daripada di musim hujan. Jadi, rencanakan perjalanan wisata Anda untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise di Bromo.

Spot-spot Melihat Sunrise di Bromo

Di Gunung Bromo ini, ada banyak sekali spot yang bisa dijelajahi untuk menyaksikan sunrise, lho. Menemukan spot yang tepat sangat diperlukan, agar Anda tidak ketinggalan momen menyaksikan keindahan matahari terbit dari Gunung Bromo.

Keindahan sunrise Bromo inilah yang membuat view point Gunung Bromo sangat ramai ketika matahari terbit. Jika Anda ingin menghindari keramaian, ada baiknya untuk mencoba  berkunjung pada hari kerja jika memungkinkan, karena akhir pekan cenderung lebih ramai dengan wisatawan.

Selain itu, tiket masuk Taman Nasional sebenarnya lebih murah di hari kerja. Kira-kira mana saja sih spot terbaik di Gunung Bromo yang bisa digunakan untuk menyaksikan sunrise?

1. Penanjakan 1

Penanjakan 1 adalah spot foto terpopuler untuk menyaksikan keindahan sunrise Bromo.  Jika Anda menginap di Cemoro Lawang, Anda dapat pergi ke Penanjakan 1 dengan berjalan kaki dan akan memakan waktu sekitar 1-2 jam.

Meskipun pendakiannya tidak terlalu sulit, Anda harus berjalan menanjak untuk mencapai Penanjakan 1. Jika Anda memutuskan untuk berjalan ke viewpoint dari Cemoro Lawang, maka pastikan untuk menyisakan cukup waktu untuk sampai di sana sebelum matahari terbit.

Bila anda menggunakan paket wisata bromo akan kami antar sampai puncak menggunakan armada jeep hardtop dan anda tinggal berjalan beberapa ratus meter saja menaiki anak tangga untuk mencapai puncak penanjakan

2. Penanjakan 2

Bukit yang satu ini juga dinamakan  Penanjakan, namun jaraknya lebih tinggi dari Penanjakan 1 sehingga dinamakan dengan Penanjakan 2. Kawasan ini memiliki spot yang bagus di antara beberapa view point Gunung Bromo yang ada.

Secara umum, viewpoint di Penanjakan 2 lebih tinggi dari Penanjakan 1 dan tidak begitu crowded. Hanya saja untuk mencapai Penanjakan 2, Anda membutuhkan lebih banyak upaya untuk mencapainya.

3. Bukit King Kong

Spot selanjutnya untuk menyaksikan sunrise adalah Bukit King Kong. Untuk mencapai viewpoint Bukit King Kong, Anda harus memanjat bebatuan besar  yang cukup menantang, apalagi jika Anda mendaki saat dini hari dan keadaan masih sangat dalam gelap.

Meski perjalanan untuk sampai ke Bukit Kingkong ini cukup menantang, namun pemandangan di kawasan ini seperti harga yang tak terbayarkan. Di sini, Anda tidak akan menemukan terlalu banyak orang sehingga bisa menjadi alternatif untuk menyaksikan matahari terbit di Bromo.

4. Bukit Cinta

Jika Anda punya waktu dan merasa mampu untuk mendapatkan spot sunrise yang tertinggi, maka cobalah untuk datang ke Bukit Cinta. Spot untuk menyaksikan sunrise di Gunung Bromo ini memang masih terbilang baru.

Meski baru, namun pemandangannya tidak kalah bagusnya dari spot-spot sunrise yang telah dijelaskan sebelumnya. Di Bukit Cinta ini, Anda bisa menyaksikan hamparan pemandangan hijau yang indah dengan bonus sunrise.

Setelah menikmati sunrise dari Gunung Penanjakan, langkah selanjutnya adalah mengunjungi Gunung Bromo sendiri. Sayang bukan jika sudah sampai ke beberapa spot sunrise Bromo, namun tidak sampai ke puncak Bromonya?

 

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.