Referensi Tempat Wisata Gratis dan Menarik di Kota Malang dan Batu

Ihsantravel.com – Untuk berwisata ke Kota Malang tidak selalu harus mengeluarkan banyak biaya. Jika kita jeli, maka kita akan mendapatkan banyak sekali objek wisata di Malang atau Batu yang gratis atau mungkin mengeluarkan uang yang hanya sedikit saja di berbagai penjuru Kota Malang dan Batu. Walaupun terbilang gratis atau membutuhkan biaya yang murah, sangat dijamin sekali objek wisata gratis ini tetap menarik dan seru untuk dikunjungi bersama kawan atau keluarga.

Keberadaan objek wisata yang gratis di Malang dan kota Batu ini, sebenarnya sangat memberikan pengaruh positif dan menarik bagi warga Kota Malang dan Batu ataupun pengunjung wisata dari luar daerah seperti Probolinggo. Sehingga banyak wisatawan dari Kota Probolinggo yang juga mengunjungi Kota Malang dan Batu untuk berwisata bersama keluarga. Anda sebagai pelancong masih dapat bersantai menikmati keindahan kota Malang dan Batu saat akhir minggu tepatnya hari Sabtu dan Minggu.

Anda sebagai wisatawan dapat menikmati beberapa objek wisata di Malang dan Batu secara gratis mulai dari wisata di Pantai Selatan hingga wisata sejarah seperti candi. Lalu, dimana saja objek wisata Kota Malan dan Batu yang bertarif murah bahkan gratis itu? Kita akan membahasnya dan memberikan referensi bagi anda yang ingin berwisata di Kota Malang dan juga Batu saat weekend.

Objek Wisata Alam di Kota Malang dan Batu yang Murah

Objek wisata di kota Malang yang tiketnya murah atau bahkan gratis kebanyakan merupakan objek wisata alam terbaru yang belum lama ini baru dikembangkan oleh masyarakat sekitarnya untuk pendapatan tambahan. Objek wisata alam seperti Danau Sumber Sirah, Pantai Kondang Merak dan Pantai Clungup merupakan beberapa pilihan objek wisata yang gratis atau menerapkan biaya masuk yang murah dan dijamin tidak membuat kantong anda jebol untuk sekedar berwisata.

Pantai Kondang Merak

Wisata-Pantai-Kondang-Merak-Kabupaten-Malang

Pantai Kondang Merak, mungkin banyak orang belum mengenal atau bahkan mendengar nama dari Pantai yang indah di Selatan Malang ini. Kota Malang atau Batu yang terkenal sebagai penghasil apel terbaik di Indonesia bukan hanya memiliki kebun apel saja tapi memiliki banyak spot wisata pantai yang dapat dikunjungi diantaranya adalah Pantai Kondang Merak.

Pantai yang berjarak 64 kilometer dari Kota Malang ini dapat anda jadikan alternatif sebagai tempat wisata bersama keluarga dan teman-teman anda. Kondang Merak merupakan salah satu pantai di Kabupaten Malang yang memiliki arus atau gelobang laut yang pelan dan tidak terlau kencang. Kodang Merak ini berada di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Banyak sekali daya tarik yang ada dan tersimpan di dalam Pantai Kondang Merak ini, hal inilah yang membuat spot wisata alam ini banyak dikunjungi turis atau wisatawan lokal dan mancanegara. Jika anda berkunjung ke Kondang Merak ini, anda akan disuguhi pemandangan yang indah seperti pasir pantai yang berwarna putih dan memiliki garis pantai yang membujur sekitar 800 meter, disertai dengan beberapa bebatuan berlumut, batu karang, terumbu karang, spons dan kerang-kerangan di sekitar pantainya.

Anda ketika menikmati keindahan Pantai Kondang Merak ini, ketika berjalan dan melihat di sela-sela karang dekat pantai, anda dapat menemukan banyak biota laut seperti gurita kecil, ikan-ikan, kerang, kepiting, dan lain sebagainya yang tentunya menambah daya tarik dari Kondang Merak.

Pantai Clungup

Wisata Pantai Clungup Malang

Pantai Clungup, Selain Balaikambang, Sendang Biru, dan Kondang Merak di Malang masih banyak sekali spot wisata pantai yang dapat dikunjungi saat liburan bersama keluarga atau teman-teman anda. Bila membicarakan tentang wisata alam di Malang Raya tentu saja tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari air terjun, pegunungan hingga wilayah pantai sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satunya dari spot wisata pantai yang ada di Malang Selatan adalah Pantai Clungup yan berada di daerah Sendang Biru, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing sekitar 70 kilometer dari Kota Malang. Pantai yang baru terkenal di tahun 2017 ini semakin terkenal dengan keindahannya yang karena terlalu indah dan cantiknya, ada wisatawan yang menjuluki pantai Clungup ini dengan Raja Ampatnya Kota Malang.

Walaupun dikatakan seindah Raja Ampat di Papua, namun nama Pantai Clungup ini sendiri masih kalah terkenal dibandingkan objek wisata pantai lainnya seperti Sendang Biru dan Balaikambang.  Hal tersebut terbukti dari sepinya pengunjung yang datang ke pantai ini. Akan tetapi suasana sepi dan terpencil itulah yang menciptakan sensasi liburan tersendiri yang menyenangkan dibanding harus berdesak-desakan di tempat wisata alam yang ramai lainnya.

Pantai Clungup memiliki pasir putih kekuningan atau keemasan dengan butiran yang super halus. Ditambah dengan arus air laut yang tidak terlalu kencang karena terhalang oleh beberapa pulau batu karang raksasa yang ditumbuhi pohon-pohon dan tanaman yang rimbun. Pantai Clungup juga dihiasi dengan pulau-pulau serta tebing-tebing batu karang raksasa inilah yang membuat pemandangan Pantai Clungup dikatakan hampir mirip menyerupai kecantikan Raja Ampat di Papua.

[idea]Baca Juga: Paket Wisata Malang Batu Bromo 3 hari 2 Malam[/idea]

 

Danau Sumber Sirah

danau sumber sirah malang

Sumber Sirah, nama yang mungkin terdengar asing di telinga kebanyakan wisatawan yang mungkin berwisata di Kota Malang dan Batu. Sumber Sirah ini terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Desa Sumber Jaya Kecamatan Gondanglegi. Untuk posisinya sendiri berada sekitar 24,5 kilometer dari Kota Malang untuk menuju ke spot wisata alam yang menerapkan harga murah ini.

Anda bisa menuju wisata alam ini dengan kendaraan pribadi baik roda empat atau sepeda motor, jika anda berwisata di Kota Malang disarankan untuk sewa mobil plus driver di Ihsantravel.com untuk meringankan tenaga anda saat berwisata. Danau Sumber Sirah ini sangat cocok untuk anda yang suka fotografi alam ataupun underwater dan bisa snorkling sederhana di danau ini karena memiliki air yang sangat jernih dan bersih sehingga kita dapat melihat secara langsung dasar dari Danau Sumber Sirah ini.

Sumber Sirah ini memiliki pemandangan yang begitu alami dan di dasar Sumber Sirah ini terdapat tanaman-tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau dengan pasir hitam halus, batu-batuan kecil dan dihiasi ikan-ikan kecil di sekitarnya. Sebelum anda menuju Danau Sumber Sirah ini, anda dapat menikmati hamparan kebun tebu dan kelapa milik warga di sekitar Sumber Sirah. Dengan kedalaman hanya 80 cm – 1,5 meter kita bisa puas bermain dan berenang di Sumber Sirah ini. Sangat tidak disarankan untuk anda lompat dari atas karena berbahaya sekali untuk anda.

Dengan membayar tiket senilai 10.000 per orang saja, anda sudah dapat menikmati berenang dan berfoto di dalam Sumber Sirah dan mengunggahnya ke akun instagram anda. Tapi ingat walaupun wisata ini murah bagi anda, anda sebagai pengunjung juga perlu menjaga keindahan dan kelestariaan tanaman dan lingkungan di Sumber Sirah, jadi anda boleh berwisata tapi jangan merusak atau meninggalkan sampahnya ya. Silahkan berkunjung ke Sumber Sirah di Kota Malang.

Objek Wisata Sejarah di Kota Malang dan Batu yang Murah

Selain objek wisata alam, di Malang juga memiliki objek wisata sejarah yang dapat dijadikan pembelajaran bagi anda atau anak anda yang mungkin perlu pelajaran sejarah sambil berwisata. Objek wisata sejarah yang ada di Malang tak hanya dapat dijadikan tempat rekreasi saja namun dapat menjadi sarana pembelajaran atau edukasi sejarah bagi anak-anak. Ada beberapa destinasi wisata sejarah di Kota Malang dan sekitarnya, dan tentunya tiketnya gratis atau mungkin juga murah. Apa saja spot wisata sejarah tersebut, diantaranya adalah:

Candi Singosari

Wisata Candi Singosari Malang

Candi Singosari adalah salah satu candi yang paling terkenal yang ada di Malang. Candi Singosari ini merupakan candi bercorak Hindu-Budha yang dibangun sekitar abad ke 12 sebagai bentuk perwujudan pendharmaan untuk raja terakhir Kerajaan Singosari, Sang Kertanegara yang dalam sejarahnya tewas akibat diserang tentara Gelang-gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang, Di komplek Candi Singosari ini terdapat beberapa arca Hindu juga baik yang masih utuh atau tinggal pecaha-pecahan saja.

Candi Singosari terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Sekitar 10 km dari pusat Kota Malang. Jika dari Kota Malang untuk menuju Candi ini jaraknya sekitar 9 km arah ke Surabaya. Candi Singosari ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara nama yang menunjukkan bahwa Candi Singosari adalah candi yang tertinggi pada masanya, setidaknya dibandingkan dengan candi lain di sekelilingnya, akan tetapi saat ini kawasan Singosari, hanya Candi Singosari yang masih tersisa sedangkan candi lainnya telah lenyap tak berbekas.

Candi Kidal

Wisata Candi Kidal Malang

Diantara banyaknya candi di daerah Kota Malang adalah Candi Kidal juga merupakan salah satu candi yang menjadi peninggalan Kerajaan Singosari. Candi ini merupakan candi yang juga merupakan corak dari Hindu dan Budha serta dibangun di abad ke 12 sebagai bentuk penghirmatan kepada Raja Anuspati yang telah memimpin selama dua dekad antara tahun 1227-1248. Candi ini termasu candi yang jarang dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Malang yakni sekitar 20 km. Lokasi Candi Kidal berada di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang. Jika anda dari Bromo via Tumpang, jangan lupa untuk mampir ke Candi Kidal juga ya.

[idea]Baca Juga: Paket Wisata Malang Batu 3 hari 2 Malam[/idea]

 

Candi Jago

Wisata Candi Jago Malang

Selain Candi Kidal, ada juga candi lain yang dapat kita temukan di Kecamatan Tumpang adalah Candi Jago. Candi ini juga merupakan peninggalan Kerajaan Singosari yang dibangun di abad ke 13. Banyak juga ya ternyata peninggalan dari Kerajaan Singosari di daerah Kota Malang. Candi Jago ini memiliki bentuk yang cukup unik jika anda lihat dari sisi samping Candi. Bagian atas candi ini tidak utuh lagi, menurut warga sekitar candi ini pernah disambar petir yang membuat bagian atas candi menjadi terpotong. Tiket masuk di Candi ini tidak ada, yang ada adalah kotak donasi saja. Jadi tunggu apalagi? Berwisata dan belajar sejarah bersama anak atau keluarga anda, pergi ke Candi Jago saja.

Itulah beberapa spot wisata murah atau bahkan gratis yang ada di area Kota Malang. Jadi segera tentukan jadwal dan sarana transportasi anda bersama keluarga, agar liburan anda menjadi berkesan dan menyenangkan. Jika anda membutuhkan transportasi di Kota Probolinggo dan Malang yaitu rental mobil malang plus driver baik avanza, xenia dan Innova silahkan hubungi Ihsantravel.com.

Ihsantravel.com juga menyediakan unit besar seperti short elf, long elf, hyno dutro dan toyota hiace serta medium bus dan big bus untuk kebutuhan wisata anda bersama keluarga atau teman-teman anda.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.