Pasir Berbisik Bromo, Wisata Indah Seperti di Gurun Sahara

Mendengar kata Pasir Berbisik mungkin mengingatkan Anda akan sebuah judul film pada zaman dahulu. Ya, kawasan ini dinamakan demikian karena memang zaman dahulu film yang disutradarai oleh Nan Achnas menjadikan lokasi di Gunung Bromo ini sebagai latar untuk syuting.

Semenjak itu, maka lokasi di Gunung Bromo ini mulai dikenal dengan nama “Pasir Berbisik” hingga saat ini. Banyak sekali wisatawan yang sengaja datang ke lokasi ini untuk berburu foto, karena suasananya yang mirip dengan gurun sahara.

Lokasi Pasir Berbisik Bromo

Kawasan wisata Pasir Berbisik sendiri masih dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Secara detailnya, tempat wisata ini ada di sebelah timurnya kawah Gunung Bromo.

Kawasan yang mirip sekali dengan padang pasirnya Timur Tengah ini menjadi sebuah keunikan dari Gunung Bromo. Jika ada bagian lain di Gunung Bromo yang subur dengan pepohonan hijau alami, ternyata ada area lain yang seperti padang pasir.

Oleh sebab itulah, padang pasir khas Gunung Bromo ini menjadi salah satu destinasi yang perlu Anda kunjungi apabila sedang melakukan pendakian ke Bromo.

Anda bisa menyewa sebuah mobil jeep untuk mengakses padang pasir Bromo ini untuk lebih memudahkan perjalanan Anda. Lokasi dari  Pasir Berbisik Bromo sendiri ada setelah padang savananya  Bromo.

Rute Menuju Pasir Berbisik Bromo

Pasir Berbisik sebenarnya masih dalam satu area dengan Gunung Bromo sehingga memang lokasinya ada di 4 kabupaten. Namun, rute paling umum yang biasa digunakan oleh orang-orang untuk lebih mudah mencapai lokasi padang pasir Bromo ini adalah melalui Lumajang.

Cobalah datang ke jalan Probolinggo – Wonorejo dan ambil saja arah ke Jalan Raya Bromo sampai Anda melewati berbagai jeep ke arah Gunung Bromo. Dari jalan Probolinggo – Wonorejo, perjalanan yang akan Anda tempuh adalah 3 jam dengan jarak kurang lebih 83 km.

Sesampainya di gerbang masuk Gunung Bromo, maka Anda perlu melakukan trekking dan naik ke atas. Ada baiknya jika Anda menggunakan jeep, pilih saja mobil mana yang hendak diinginkan bersama rombongan karena di pintu masuk ada banyak sekali persewaan jeep bromo.

Daya Tarik dan Keindahan Pasir Berbisik Bromo

Menjadi tempat yang viral karena sebuah film, Pasir Berbisik Malang memang tempat yang sangat tepat untuk dikunjungi. Di padang gurun Bromo ini, ada  berbagai daya tarik yang ditonjolkan, apa sajakah itu?

1. Suara Bisikan Angin

Tidak heran ya mengapa kawasan wisata ini dinamakan dengan “Pasir Berbisik”, hal ini dikarenakan suara angin yang ada di kawasan ini sangat lirih dan seolah selalu berbisik di sekitar orang yang mengunjunginya. Suara angin inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari padang gurunnya Bromo ini.

2. Hamparan Pasirnya yang Indah

Sepanjang Anda memandang wisata gurun saharanya Bromo ini, maka hanya pasir yang bisa Anda lihat. Pasir di sepanjang kawasan ini begitu luas dan menjadi hamparan yang begitu menakjubkan. Anda tidak akan bosan menyaksikan hamparan pasir di kawasan wisata Bromo satu ini.

3. Pasirnya yang Lembut

Kawasan wisata yang berada di ujung timur Gunung Bromo ini memiliki pasir yang begitu halus dan lembut. Anda yang suka bermain-main dengan pasir bisa mencoba untuk memegang hamparan pasir yang ada di kawasan wisata ini.

Aktivitas Wisata di Pasir Berbisik Bromo

Lautan pasir yang ada di Gunung Bromo ini ternyata memiliki legenda yang cukup unik, lho! Konon, ada seorang wanita yang suka sekali berkeliaran di kawasan gurun pasir ini.

Wanita ini suka sekali mengatakan berbagai patah kata, kemudian mendengarkan tanah seolah-olah tanah dan pasir yang sedang ia lewati ini berkata dan berbisik kepadanya.

Legenda inilah yang menjadikan kawasan wisata ini juga disebut dengan Pasir Berbisik Gunung Bromo. Lalu, apa saja yang  bisa Anda lakukan jika datang ke tempat wisata ini?

1. Hunting Foto

Kurang lengkap jika datang ke lautan pasir ini jika tidak mengambil foto. Ada banyak spot foto di kawasan wisata gurun pasir Bromo ini yang bisa Anda bidik.

2. Foto Prewedding

Keindahan lautan pasir yang ada di daerah wisata ini membuat banyak pasangan yang ingin mengabadikan momen indahnya di wisata padang pasir Bromo. Lokasi ini sering sekali menjadi spot foto pre wedding.

3. Menyewa Kuda

Menyewa kuda dan menelusuri kawasan wisata ini juga menjadi ide menarik lho ketika datang ke wisata padang pasir ala Bromo. Coba saja asyiknya menunggang kuda dan menelusuri lautan pasir ini.

Anda yang suka sekali dengan wisata yang anti mainstream dan menawarkan sebuah suasana alam yang baru, cobalah datang ke Pasir Berbisik. Siapkan masker, baju, dan beberapa properti untuk hunting foto sebanyak-banyaknya. Di kawasan wisata Bromo ini, ada berbagai spot foto menarik untuk diburu. Pastikan Anda datang saat pagi atau sore hari agar tidak terlalu panas.

 

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.