Pananjakan Bromo (1 dan 2): Spot Wisata dan Rute Menuju Kesana

Siapa sih yang tak kenal dengan wisata Gunung Bromo? Baik wisatawan lokal maupun asing berbondong-bondong datang ke destinasi wisata ini untuk menikmati keindahan alamnya. Rekomendasi spot menarik di kawasan sekitar Bromo untuk melihat sunrise yaitu Pananjakan Bromo.

Pananjakan merupakan puncak tertinggi yang mana para wisatawan dapat melihat indahnya matahari terbit atau sunrise ke arah kaldera Tengger. Untuk mengenal lebih jauh mengenai spot wisata menarik yang satu ini, mari simak ulasannya berikut ini:

Penanjakan Bromo

Pananjakan Bromo sebagai puncak tertinggi memang menjadi tempat terbaik untuk melihat sunrise alias matahari terbit. Namun, dari sekian banyaknya wisatawan yang datang berlibur, rupanya masih banyak yang tidak tahu apa perbedaan Penanjakan 1 dan Penanjakan 2.

1. Penanjakan 1

Spot terbaik untuk melihat sunrise Penanjakan Bromo yaitu Penanjakan 1 atau disebut juga dengan view point 1. Penanjakan 1 merupakan puncak tertinggi di mana para wisatawan akan disuguhkan dengan pesona sunrise dan Bromo Milky Way yang indah dan menakjubkan.

Karena keindahan alam yang ditawarkan, Pananjakan Bromo Sunrise menjadi tujuan utama dalam paket trip perjalanan wisata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Penanjakan 1 juga menjadi spot terbaik program Bromo Camping yang recommended.

Penanjakan 1 memiliki banyak fasilitas yang sudah memadai seperti toilet umum, mushola, dan beberapa warung, sehingga wisatawan akan lebih nyaman. Untuk bisa mengunjungi view point 1 ini, wisatawan dapat menyewa jasa sewa Jeep Bromo karena perjalanannya yang terbilang ekstrem.

Selain itu, untuk menuju Penanjakan 1 yang terletak di ketinggian 2.770 mdpl, Anda juga harus melalui jalanan dengan tingkungan tajam dan jurang-jurang yang curam. Lokasinya sendiri berada di sebelah barat Gunung Bromo, tepatnya di Wonokitri, Keduwung, Pasuruan.

Untuk bisa menikmati keindahan sunrise dan Bromo Milky Way dari Penanjakan 1, wisatawan disarankan untuk berangkat lebih awal alias pagi-pagi sekali agar tidak kehilangan momen berharga ini.

2. Penanjakan 2

Penanjakan 2 atau yang sering disebut dengan Seruni Point merupakan puncak tertinggi kedua di kawasan Gunung Bromo dengan view yang tak kalah cantik dengan Penanjakan 1. Di ketinggian 2.400 mdpl ini, Anda akan disajikan dengan pemandangan sunrise dan Bromo Milky Way yang super keren.

Lokasi Penanjakan 2 ini berada di kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Seruni, Kecamatan Sukapura, Jawa Timur. Tidak hanya sunrise saja, lokasi ini juga menjadi tempat alternatif untuk melihat keindahan dan keeksotisan sunset (matahari terbenam).

Destinasi wisata ini akan dipadati wisatawan dari berbagai daerah saat masa liburan tiba. Untuk mendapatkan posisi dan tempat yang nyaman, serta tidak ingin kehilangan momen berharga view Penanjakan Bromo Sunrise yang menawan, pastikan untuk berangkat lebih awal.

Rute ke Pananjakan Bromo

Meskipun dikenal sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo tetap menjadi destinasi wisata alam favorit para pelancong dan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Untuk menuju ke Penanjakan Bromo, ada beberapa rute yang bisa Anda pilih antara lain sebagai berikut ini:

1. Via Pasuruan

Rute jalan yang pertama untuk menuju Penanjakan Bromo dan kawasan wisata Gunung Bromo yaitu melalui Kota Pasuruan. Dari Kota Pasuruan, Anda bisa melewati pintu barat kemudian masuk melalui Desa Tosari.

Karena nantinya Anda akan melalui medan yang terjal dan lautan pasir, Anda disarankan untuk menyewa mobil Jeep yang banyak dijumpai di sekitar Desa Tosari.

2. Via Probolinggo

Rute jalan alternatif selanjutnya yaitu melalui Kota Probolinggo. Dari Kota Probolinggo menuju kawasan wisata Gunung Bromo, Anda dapat melewati pintu utara menuju Tongas kemudian menuju pintu masuk Gunung Bromo yang terletak di Desa Cemara Lawang.

Dibandingkan dengan rute perjalanan via Pasuruan, rute jalan via Probolinggo menuju kawasan Gunung Bromo dan Pananjakan Bromo memang lebih mudah. Lereng yang dilalui juga tidak terlalu curam, sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau berkendara dengan sepeda motor.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan lebih lama, rute perjalanan via Probolinggo merupakan pilihan yang tepat. Melalui rute ini, Anda bisa banyak tempat penginapan, mulai dari homestay, guesthouse, hotel, hingga villa.

3. Via Malang

Rute perjalanan menuju Pananjakan Bromo juga bisa melalui Kota Malang. Dari Kota Malang, Anda bisa melewati pintu utara kemudian masuk ke daerah Tumpang menuju ke daerah Pronojiwo. Di sepanjang rute perjalanan ini, mata Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah.

Dari Pronojiwo, Anda bisa memilih jalur ke arah selatan menuju Ranu Pane atau jika Anda memilih jalur ke arah utara, Anda bisa memasuki kawasan lautan pasir Bromo yang berada di sebelah selatan Gunung Bromo.

Pilihan rute di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi menuju Pananjakan Bromo dan destinasi wisata lainnya yang ada di sekitar Gunung Bromo. Pastikan juga untuk memakai jaket, syal, sepatu yang nyaman, dan perlengkapan lainnya demi kenyamanan dan keamanan diri Anda.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.