open trip ijen baluran

Open Trip Ijen Baluran

Open Trip Ijen Baluran – Berbagai macam tempat wisata yang terdapat di Kota Banyuwangi memang sudah sangat populer dan terkenal di kalangan wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tempat wisata yang sangat populer di Banyuwangi diantaranya adalah Wisata Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran, kedua tempat wisata tersebut memang telah menjadi tujuan desinasi terfaforit dikalangan wisatawan. Untuk menuju ke Kawah Ijen maupun Taman nasional Baluran, memang lebih praktis jika dapat memesan layanan wisata yang menyajikan berbagai macam keuntungan bagi para calon pemesan. Salah satu layanan wisata yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk pergi berwisata ke Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran adalah Open Trip Ijen Baluran. Dengan memesan layanan paket wisata ini maka dapat dipastikan perjalanan kita akan menjadi lebih mengasikkan, hal itu tersebut dapat dibuktikan dengan pelayanan serta fasilitas yang kami berikan adalah paling terbaik dan terlengkap.

open trip ijen baluran

Open Trip Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran merupakan salah satu layanan paket wisata yang menyajikan berbagai macam keuntungan bagi para caolon pemesannya. Salah satu keuntungan yang didapatkan oleh para pemesan adalah harga yang harus dibayarkan untuk memesan layanan ini cukuplah murah dan terjangkau. Sebuah alasan yang menjadikan paket wisata ini menjadi begitu murah adalah harga yang harus dibayarkan untuk pergi berwisata ke Kawah Ijen dan Baluran adalah biaya hasil patungan dari semua peserta yang mengikuti Open Trip Ijen Baluran. Dengan adanya hal tersebut maka para wisatawan yang tidak punya teman untuk pergi berwisata dapat tetap melakukan kegiatan wisatanya bersama para peserta tour lainnya. Pada layanan wisata Open Trip Ijen Baluran ini sendiri melayani perjalanan wisata ke Ijen dan Baluran setiap hari, serta dengan jumlah peserta minimum 2 orang. Bagi anda yang ingin mengeksplorasi kawah ijen saja bisa mengikuti layanan khusus open trip kawah ijen.

Selain dapat menghemat biaya, dengan memesan layanan Open Trip Ijen Baluran ini para wisatawan juga dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Hal tersebut dikarenakan semua kebutuhan perjalanan seperti alat transport dan lain sebagainya sudah ditanggung oleh penyedia layanan tour wisata. Jadi para peserta tinggal mengikuti arahan keberangkatan serta mengikuti segala aktifitas di paket wisata ini. Open trip ini juga menjadi yang paling termurah di Banyuwangi, hal tersebut dikarenakan biaya perjalanan merupakan tanggung jawab semua peserta dan tidak ada pihak yang terbebankan

Destinasi Wisata Open Trip Ijen Baluran

Pada layanan paket wisata Open Trip Ijen baluran ini para peserta dapat memilih berbagai macam lokasi seperti stasiun, hotel, dan peginapan yang terdapat di daerah Bayuwangi kota. Setelah melakukan penjemputan ke tempat yang telah ditentukan para peserta akan melanjutkan perjalanannya menuju ke Post Paltuding, yaitu sebuah tampat start untuk melakukan penanjakan ke Gunung Ijen. Pendakian menuju ke puncak Ijen akan memakan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam perjalanan, dengan menempuh jarak sekitar 3 km. Pada Open Trip Ijen Baluran sendiri para peserta akan digiring ke berbagai macam tempat wisata yang cukup terkenal dan populer di Banyuwangi. Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai beberapa tujuan destinasi wisata di layanan Open Trip Ijen Baluran.

1. Menjelajahi Keunikan Alam Kawah Ijen

kawah ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat tujuan destinasi wisata di Banyuwangi yang hingga saat ini banyak sekali diminati oleh para wisatawan lokal hinggga wisatawan mancanegara. Kawasan wisata Kawah Ijen sendiri termasuk dalam satu wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan meiliki luas sekitar 2.560 hektar. Salah satu daya tarik di Kawah Ijen ini adalah adanya sebuah kawah yang berada di tengah sebuah kaldera terluas di Pulau Jawa yaitu dengan diameter mencapai 6 meter. Untuk ukuran kawahnya juga termasuk sangatlah besar yaitu seluas 960 meter kali 600 meter dan dengan kedalaman mencapai 200 meter. Kawah ijen sendiri terletak di puncak Gunung Ijen yang lokasinya berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Gunung Ijen ini sendiri merupakan salah satu gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Timur yang memiliki ketinggian mencapai 2.443 mdpl diatas permukaan laut yang keberadaanya berdampingan dengan Gunung Raung dan Gunung Merapi. Seperti yang kita ketahui bahwa  selama ini Kawah Ijen merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Ijen, namun sisi menarik dari Kawah Ijen lainnya datang dari danau pada kawahnyanya yaitu merupakan salah satu kawah yang memiliki tingkat keasaman mencapai nol dan merupakan kawah terbesar di dunia. Walaupun tingkat keasamannya mampu melarutkan benda-benda disekitarnya, namun hal tersebut tidak sebanding dengan berbagai macam keunikan dan pesona alam yang disajikan oleh Kawah Ijen ini.

2. Fenomena Alam Blue Fire

blue fire kawah ijen

Salah satu hal yang cukup menarik di sisi Kawah adalah adanya fenomena alam yang cukup unik dan langka yaitu blue fire atau api biru. Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya blue fire ini terbentuk dari hasil reaksi gas bumi yang bertemu dengan oksigen secara langsung pada suhu tertentu, dan sejatinya fenomena blue fire di Kawah Ijen sendiri sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu yaitu sekitar tahun 1950-an. Fenomena blue fire sendiri terdapat di kawasan sekitar bibir Kawah Ijen, yang merupakan sebuah danau kawah yang sangat masam dan berada di kedalaman sekitar 200 meter.

Untuk dapat melihat fenomena blue fire para wisatawan harus menuju ke bibir Kawah Ijen, banyak diantara pendaki yang mengunjungi Kawah Ijen adalah untuk dapat melihat fenomena langka ini. Hal tersebut dikarenakan fenomena api biru atau lebih dikenal dengan nama blue fire ini hanya dapat dijumpai di dua tempat yaitu Kawah Ijen, Indonesia dan juga di Islandia. Untuk dapat melihat fenomena langka ini sendiri hanya dapat disaksikan oleh para wisatawan pada pagi hari sebelum matahari terbit yaitu sekitar jam 2 sampai 3 pagi.

3. Menyaksikan Para Penambang Belerang di Ijen

penambang belerang

Selain dapat menyaksikan fenomena langka blue fire, di sekitar Kawah Ijen para wisatawan juga dapat melihat aktifitas para penambang belerang yang berjuang mencari bongkahan belerang di sekitar Kawah Ijen. Salah satu tujuan para penambang mencari dan kemudian memikul belerang seberat 70 sampai 100 kg bongkahan adalah untuk mencari nafkah dan mendapatkan penghasilan dari pekerjaan sebagai seorang penambang. Para penambang belerang tersebut biasanya membawa hasil tambangnya menggunakan troli atau memikulnya di pundak yang kemudian untuk ditimbang dan ditukarkan dengan uang.Tak jarang di sepanjang perjalanan saat mendaki menuju ke Kawah Ijen kita akan melihat para penambang yang berlalu lalang sambil membawa hasil tambangnya dan ada pula yang sedang beristirahat di sekujur jalan mendaki.

Selain dapat melihat aktifitas penambang belerang yang berlalu lalang membawa hasil tambangnya tersebut para pendaki juga dapat berinteraksi dengan para penambang yang sedang beristirahat. Tak jarang juga para wisatawan yang berinteraksi dengan para penambang, mereka juga saling berbagi makanan atau minuman kepada para penambang tersebut dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan sesama manusia. Selain bekerja sebagai penambang belerang di Ijen, para penambang tersebut juga menambah penghasilannya dengan cara membuat berbagai macam cindera mata berbahan dasar belerang yang kemudian dijual kepada para wisatawan.

4. Menikmati Keindahan Air Terjun Jagir

air terjun jagir banyuwangi

Setelah puas menikmati berbagai macam keindahan dan keunikan alam di Kawah Ijen dan sekitarnya, para wisatawan akan melanjutkan perjalananna menuju ke tempat wisata berikutnya yaitu Air Terjun Jagir yang bertempat di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Air terjun satu ini cukup populer dikalangan wisatawan karena memilki kondisi air yang sangat jernih dan dingin serta sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berenang atau bermain air bersama para pengunjung lainnya.

Air terjun Jagir ini juga merupakan salah tempat wisata yang mendapat banyak sekali julukan yaitu seperti air terjun kembar, julukan tersebut diberikan kerena pada lokasi wisata ini terdapat 2 air terjun yang saling berdekatan dan berdampingan namun aliran airnya berasal dari 3 sumber mata air yang berbeda. Ketinggian yang dimiliki oleh aliran air terjun Jagir ini sendiri cukup tinggi yaitu sekitar 20 m, selain itu dengan adanya beberapa jenis tumbuhan hijau yang menghasilkan udara sejuk di tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

5. Menyusuri Kawasan Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Baluran merupakan sebuah nama dari Taman Nasional yang berada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi tepatnya pada  Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Baluran juga merupakan sebuah taman nasional yang mendapat julukan Afrika Van Java, yang bermakna Afrikanya pulau Jawa. Luas dari daerah taman nasional ini adalah sekitar 25.000 hektar dan sebagian besar kawasan pada Taman Nasional Baluran ini berupa sebuah hutan lindung yang menyajikan habitat dari beberapa fauna yang terdapat di Indonesia. Mulai dari fauna langka seperti Banteng Jawa, Burung Merak hingga fauna yang populasinya cukup banyak juga terdapat di taman nasional ini.

Taman Nasional Baluran ini juga lebih dikenal oleh para wisatawan dengan nama lain yaitu Little Afrika, hal tersebut dikarenakan tempat wisata ini dibuat menyerupai sebuah eksosistem alam di afrika aslinya. Taman nasional ini juga dikelola juga dikelola untuk berbagai macam kegiatan pariwisata, penelitian, pegembang ilmu pengetahuan, bahkan tempat untuk budidaya hewan langka seperti Banteng Jawa yang kini populasinya mulai menurun.

6. Menikmati Keindahan Alam Padang Savana Bekol

Padang Savana Bekol Baluran

Selain Taman Nasional Baluran salah satu objek wisata terfavorit lainnya adalah Savana Bekol yang berada dalam satu wilayah dengan Taman Nasional Baluran yang terletak di Perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Berbagai macam fauna dan flaura hidup dengan nyaman di Savana Bekol yang termasuk padang savana alami terluas di Pulau Jawa. Luas dari Savana Bekol sendiri adalah sekitar 30 hektar dan pemandangan sekitarnya di latar belakangi oleh kemegahan Gunung Baluran.

Untuk dapat melihat pemandangan menakjubkan dari ketinggian para pengunjung Savana Bekol dapat menaiki sebuah menara yang tinggi. Menara tersebut dibangun dengan tujuan agar kita dapat melihat berbagai macam pemandangan alam yang disajikan oleh kemegahan Gunung Belauran sampai keindahan alam yang disajikan oleh Pantai Bama dari ketinggian. Namun menikmati pemandangan di Savana Bekol dari bawah juga tak kalah menariknya, hal itu dikarenakan terdapat banyak sekali spot foto yang keren dan sangat menarik untuk diabadikan oleh para pengunjung.

7. Keindahan Alam di Pantai Bama

pantai bama

Selepas menikmati dan mengeksplor berbagai macam potensi alam di Taman Nasional Baluran, para wisatawan juga dapat melanjutkan kunjungan wisatanya ke Pantai Bama yang lokasinya berjarak sekitar 8 km dari gerbang masuk Taman Nasional Baluran. Pantai satu ini cukup dikenal oleh para wisatawan karena memiliki pesona alam yang indah berupa hamparan pasir putih luas dan juga kondisi kawasan pesisir pantai yang sangat bersih. Saat berada di kawasan pantai kita akan disambut oleh salah satu satwa yang cukup liar yaitu para kawanan kera abu-abu ekor panjang yang hidup dengan nyaman di sekitar kawasan pantai. Selain cukup populer karena memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang menyediakan pemandangan sangat eksotis dan mempesona, ternyata pantai satu ini juga menjadi habitat dari beberapa satwa yang cukup langka .

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Pantai Bama selanjutnya adalah keberadaanya yang dikelilingi oleh kawasan budidaya tumbuhan mangrove, kawasan mangrove itu sendiri berada di sebelah barat pantai yang terkenal mempunyai pesona dan pemandangan alam sangat eksotis. Selain dapat menikmati keindahan dan potensi alam yang disajikan oleh pantai ini, para wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang disajikan oleh pengelola Pantai Bama ini. Mulai dari toilet, rumah makan, hingga penginapan untuk beristirahat juga dapat dijumpai oleh para wisatawan yang mengunjungi pantai ini.

Harga Open Trip Ijen Baluran

Anda ingin pergi berwisata ke Ijen dan Balurandengan membayar biaya perjalanan yang cukup terjangkau? Namun mendapatkan pelayanan dan fasilitas terbaik serta sangat berkualitas. Segera Hubungi kami Ihsan Travel di 082264444486 untuk melakukan pemesanan Open Trip Ijen Baluran secara langsung, atau juga bisa mengunjungi halaman website resmi kami di Ihsantravel.com. Selain memberikan harga murah yaitu sebesar Rp.400.000 per orang-nya (jumlah minimal peserta 2 orang) kami juga melayani jadwal keberangkatan setiap hari. Segeralah pesan layanan paket wisata Open Trip Ijen Baluran pada kami dikarenakan kapan lagi bisa pergi berwisata ke Ijen dan Baluran dengan mengeluarkan biaya cukup murah, namun mendapatkan pelayanan dan fasilitas terjamin dan berkualitas.

Itinerary Open Trip Ijen Baluran

  • 23.30 – Meeting point di wilayah Banyuwangi Kota
  • 00.15 – Perjalanan menuju ke Post Paltuding (dijemput dengan Trooper/mobil)
  • 01.00 – Sampai di Post Paltuding, briefing
  • 01.30 – Pendakian menuju ke Kawah Ijen
  • 03.00 – Trip Gunung Ijen (Kawah Ijen, Blue Fire, Sunrise)
  • 06.30 – Turun menuju ke Post Paltuding
  • 07.00 – Menuju ke Air terjun Jagir (optional)
  • 08.00 – Air terjun Jagir (optional)
  • 08.30 – Menuju ke Taman Nasional Baluran
  • 10.30 – Memasuki area Taman Nasional Baluran
  • 11.30 – Savana Bekol (Menikmati keindahan savana bekol) dan istrahat makan siang
  • 13.00 – menuju ke Pantai Bama
  • 13.30 – Pantai Bama (Menikmati keindahan pantai dan mangrove trekking)
  • 14.30 – Kembali menuju ke meeting point
  • 17.30 Meeting point End Tour

Harga Sudah Termasuk

  • Transport PP dari lokasi di sekitar Banyuwangi ke Kawah Ijen dan Baluran
  • Fee Driver
  • BBM
  • Tiket Masuk Ijen dan Taman Nasional Baluran
  • Air putih, masker
  • Guide
  • Ansuransi yang terlampir pada tiket masuk Kawah Ijen

Harga Belum Termasuk

  • Transportasi PP dari kota masing-masing
  • Penginapan di Ijen dan Baluran
  • Pengeluaran pribadi

Perlengkapan Yang Harus Disiapkan Peserta

  • Jaket
  • Sandal / sepatu yang nyaman untuk trekking
  • Sarung tangan dan topi kupluk
  • Head lamp (kalo punya)
  • Kamera
  • Obat-obatan dan camilan untuk di perjalanan

Hubungi Kami

Ihsan Tour & Travel

Office Malang: Jl. KH Yusuf 07 Tasikmadu Lowokwaru Kota Malang
Office Probolinggo: Jl. Pattimura no 46 B Mayangan Kota Probolinggo
Telp : 082264444486
Whatsapp : 082264444486
Website : www.ihsantravel.com

Open Trip Ijen Baluran
5 (100%) 79 votes