Museum di Malang

Apakah kamu senang berkunjung ke tempat-tempat sejarah? Jika iya, maka beberapa daftar Museum di Malang ini bisa kamu jadikan sebagai tempat berlibur, sekaligus menambah pengetahuan kamu mengenai sejarah. Untuk itu, maka ketika berlibur ke Malang, jangan lupa menyempatkan diri untuk mengunjungi museum-museum berikut ini.

Kawasan Malang memang dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki hawa sejuk. Kawasan yang terdiri atas beberapa kabupaten ini bisa dikunjungi bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah. Penasaran, apa saja jenis museumnya? Langsung saja, simak uraian menarik berikut ini.

Daftar Museum Di Malang Untuk Menambah Wawasan

1. Museum Bentoel

museum bentoel malang

Jika kamu merupakan penggemar rokok, maka wajib untuk datang ke museum satu ini. Museum sejarah Bentoel adalah salah satu museum yang menyimpan beragam informasi mengenai rokok merk Bentoel. Merk rokok satu ini dulu sempat terkenal.

Museum Bentoel bisa kamu temukan di Jl. Wiromargo No.31, Kota Malang. Kawasan museum juga kerap disebut dengan Pecinan Kecil. Rokok satu ini sendiri merupakan jenis rokok yang sudah ada sejak zaman penjajahan.

Ong Hok Liong merupakan pendiri rokok Bentoel. Di museum ini kamu bisa mengenal lebih jauh mengenai sosok sang pendiri rokok.

2. Museum Malang Tempo Doeloe

museum-malang-tempo-dulu

Daftar museum di kota Malang selanjutnya yang bisa kamu kunjungi yaitu museum Malang Tempo Doeloe ini. Museum ini tergolong baru, karena baru saja dibuka pada bulan Oktober 2012 lalu. Museum Malang Tempo Doeloe ini adalah museum yang dibangun oleh orang yang sangat senang dengan sejarah.

Dwi Cahyono merupakan pemilik dari Museum ini, menurutnya, pembangunan museum ini sudah mulai dirintis sejak tahun 1996. Jika kamu ingin belajar lebih dalam mengenai sejarah kota Malang, museum ini memiliki ruang keleidoskop yang bisa kamu manfaatkan untuk memutar dokudrama mengenai sejarah kota Malang. Langsung saja, kamu datangi lokasinya di Balai Kota Malang, tepatnya di jl. Gajah mada 2.

3. Museum Mpu Purwa

museum mpu purwa

Museum ini memiliki nama panjang Balai Penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa. Sesuai dengan namanya, museum di kota Malang satu ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan aset-aset sejarah. Sebagian besar aset sejarah yang disimpan adalah arca.

Beragam arca kuno bisa kamu temukan di Museum ini. Terdapat sekitar 67 arca yang sebagian besar adalah arca Ganesha dan Mahaguru. Museum yang ada di Malang satu ini sangat pas untuk belajar mengenai mitologi Hindu.

Langsung saja, kamu bisa mendatangi lokasinya di Komplek Perumahan Griya Shanta Jalan Soekarno – Hatta 210, Kota Malang. Dekat dengan Institut Pertanian Malang. Bangunan museumnya memanfaatkan bekas gedung SD Negeri Mojolangu 2.

4. Museum Satwa

museum satwa

Masih di Malang, kini bergeser sedikit ke kota Batu. Di kota Batu, terdapat museum yang jua tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Museum tersebut adalah museum Satwa. Museum satu ini masih menjadi bagian dari Jatim Park 2. Saat ini, museum Satwa, sudah menjadi bagian dari icon wisata yang ada kota Batu.

Museum dibangun sebagai lembaga konservasi Ex-Situ satwa liar. Ketika memasuki area museum, maka kamu semua akan menjumpai beragam koleksi satwa yang sudah diawetkan, serta beragam jenis fosil-fosil purba yang dihadirkan dari beragam Negara.

Satwa-satwa yang diawetkan tersebut, merupakan satwa yang sudah mati, bukan karena diburu. Selain itu, terdapat beberapa jenis replika mengenai binatang purba seperti T-Rex.

5. Museum Omah Munir

museum omah munir

Jika kamu menginginkan museum yang berbeda dengan yang lainnya, maka kamu bisa datang ke Museum Omah Munir satu ini. Museum ini terbilang cukup unik. Mengingat jika saat ini kita selalu menjumpai museum dengan benda-benda sejarah, berbeda dengan museum satu ini.

Museum omah munir menghadirkan informasi mengenai peristiwa pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Indonesia. Terutama mengenai pelanggaran yang pernah diperjuangkan oleh Almarhum Munir.

6. Museum Angkut

museum angkut

Museum Angkut tergolong museum yang unik, karena mengusung konsep kendaraan. Museum ini tergolong museum yang sangat baru, mengingat baru saja diresmikan pada bulan Maret 2014.

Adapun mengenai tujuan utama pembangunan museum ini yaitu untuk memberikan penghargaan kepada para penemu di industri otomotif. Museum Angkut dikelola oleh pihak Jawa Timur Park Group.

Di museum satu ini, kamu bisa menjumpai beragam koleksi mobil, serta motor dari beragam  negara. Sebagian besar yaitu koleksi mengenai mobil yang pernah berjaya di masa lalu. Selain kendaraan, di museum Angku kamu juga bisa menjumpai beragam binatang, seperti kuda misalnya.

7. D’Topeng Kingdom Museum

museum di malang dtopeng

Masih berada di kawasan kota Batu, daftar museum berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah D’Topeng Kingdom Museum. Museum ini masih berada satu lokasi dengan Museum Angkut.

Kamu bisa menemukan museum ini di Jl. Terusan Sultan Agung No.2. Seperti namanya, di museum ini kamu akan menjumpai beragam jenis topeng dari beragam daerah yang ada di tanah air.

Selain topeng, kamu juga akan menjumpai beragam koleksi menarik lainnya. Di museum ini, kamu juga bisa melihat Al-Qur’an kuno yang memiliki usia ratusan tahun. Selain itu, koleksi utamanya berupa topeng, secara garis besar, museum ini menghadirkan rekam jejak terkait dengan peninggalan agama Hindu, Buddha, dan Islam yang ada di Indonesia.

8. Museum Zoologi Frater Vianney

Museum-Zoologi-Frater-Vianney

Jika kamu merupakan pecinta binatang, maka sangat wajib untuk datang ke museum satu ini. Zoologi adalah salah satu cabang ilmu dari biologi yang secara khusus mempelajari mengenai binatang.

Dengan demikian, sudah bisa ditebak jika museum ini menyimpan ratusan koleksi spesimen konkologi, ilmu hewan kerang-kenangan darat, serta laut. Museum ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, serta menerima titipan hewan yang dirawat juga.

Kamu bisa mendatangi lokasinya di Jl. Raya Karangwidoro 7 Karangbesuki, Dau, Kabupaten Malang.

9. Museum Kesehatan Jiwa RSJ Radjiman Wediodiningrat

Museum Kesehatan Jiwa RSJ Radjiman Wediodiningrat

Museum satu ini juga tergolong unik, karena menghadirkan beragam benda koleksi yang tidak biasa. Museum ini juga termasuk satu-satunya museum di Indonesia yang menyimpan koleksi peralatan rumah sakit jiwa.

Beberapa jenis koleksi yang ada seperti ranjang khusus untuk pasien, pasung tangan, serta beragam koleksi lain terkait dengan rumah sakit jiwa. Museum ini diresmikan pada 23 Juni 2009. Terkait dengan lokasinya berada di satu area dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Baca Juga: Makanan Khas Malang

10. Museum Musik Indonesia

Museum Musik Indonesia

Museum ini merupakan musuem yang didirikan oleh komunitas Galeri Malang Bernyanyi (GMB). Di museum musik ini, kamu akan menjumpai beragam koleksi karya musik. Banyak musisi yang sangat mengapresiasi museum satu ini.

Musum Musik Indonesia ini merupakan salah satu muesum yang berupaya untuk memberikan penghargaan kepada para musisi tanah air. Namun tidak hanya koleksi musisi tanah air saja, melainkan juga terdapat koleksi dari luar negeri.

Ternyata banyak sekali museum di Malang yang bisa dikunjungi. Selain berlibur, maka kita semua juga bisa belajar sejarah.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.