Coban Pelangi: Wisata Air Terjun Dekat Bromo yang Masih Asri

Liburan ke Jawa Timur rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mampir ke Coban Pelangi. Coban menurut bahasa warga setempat memiliki makna air terjun, sedangkan nama pelangi diambil dari pembiasan cahaya matahari yang mengenai percikan air terjun ini.

Air terjun yang berada di kaki Gunung Semeru ini juga memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dari air terjun dan objek wisata lainnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang letak atau lokasi Air Terjun Pelangi beserta daya tarik wisata yang ditawarkan, berikut penjelasan selengkapnya:

Lokasi Coban Pelangi Malang

Air terjun Coban Pelangi terletak di Dusun Ngadas, Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Malang, Jatim. Lokasi air terjun ini masih dalam satu lingkup kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berjarak sekitar 2 kilometer dari Desa Gubuk Klakah.

Untuk menuju objek wisata air terjun ini, wisatawan harus melalui Tumpang yang letaknya berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Malang. Dari Tumpang inilah, Anda bisa berjalan ke arah timur menyusuri jalan kecil yang menanjak. Bila anda sewa jeep bromo dari malang anda akan melewati coban yang indah ini.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan view lembah dan perbukitan yang indah di sisi kanan, sedangkan di sebelah kiri berjajar warung-warung tepi jalan. Dari pintu masuk Coban Pelangi, Anda harus melanjutkan perjalanan yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Rute jalan yang dilalui hanya berupa jalan setapak yang menurun dan jembatan sejauh 1,5 km dari pintu masuk. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena sepanjang perjalanan menuju air terjun Coban Malang ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan mempesona.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi Malang

Untuk bisa menikmati keindahan alam Coban Pelangi Malang, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Berikut ini merupakan daftar harga tiket masuk Air Terjun Pelangi:

Jenis TiketHarga Tiket
HTM Coban PelangiRp10.000,00/orang
CampingRp10.000,00
Peralatan CampingRp50.000,00
Sewa KudaRp30.000,00/orang
TubingRp5.000,00/orang
RaftingRp35.000,00/tim
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Untuk jadwal operasionalnya sendiri, Pelangi Waterfall buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya, baik hari kerja maupun hari libur. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada siang hari, agar Anda berkesempatan menyaksikan pelangi yang muncul di sekitar air terjun.

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini juga sudah terbilang lengkap meliputi area parkir, mushola, toilet umum, warung makan, dan gazebo. Akses jalannya juga sudah cukup bagus, namun Anda tetap diimbau untuk berhati-hati karena beberapa bagian jalan setapak menuju air terjun cukup licin.

Daya Tarik Wisata Coban Pelangi

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 110 meter ini memiliki daya tarik tersendiri. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Air Terjun Pelangi:

1. Sensasi Seru Bermain Air

Di air terjun ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air dan merasakan sensasi guyuran air terjun yang jernih dan menyegarkan. Meski begitu, pihak pengelola wisata melarang aktivitas berenang di dekat air terjun karena arus air terjun yang cukup kencang dan berbahaya.

Wisatawan hanya diperbolehkan bermain air dengan jarak 50 meter dari air terjun. Hal ini tentunya tidak mengurangi keseruan bermain air di bawah percikan Coban Pelangi, karena dari jarak yang cukup jauh sekalipun panorama alam yang ditawarkan tetap indah dan menawan.

2. Melihat Pelangi di Sekitar Air Terjun

Tidak hanya menyaksikan guyuran air terjun yang menjulang tinggi, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan berupa pelangi yang cantik di sekitar air terjun. Kemunculan pelangi ini terjadi ketika adanya cahaya matahari yang membias dengan air terjun yang memercik.

Untuk bisa menyaksikan keindahan pelangi di air terjun ini, wisatawan disarankan untuk datang pada siang hari yaitu sekitar pukul 10.00 – 14.00 ketika matahari sedang terik. Hindari juga untuk berkunjung saat musim penghujan karena rawan terjadi banjir dan longsor.

3. River Tubing

Aktivitas seru lainnya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke air terjun Coban Pelangi Bromo ini yaitu river tubing. Tubing merupakan aktivitas bermain air di aliran sungai kecil menggunakan ban karet bagian dalam.

Untuk bisa menikmati sensasi tubing, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp5.000,00 per orang. Berbeda dengan rafting yang dilakukan secara berkelompok/tim, river tubing dilakukan perorangan (satu ban untuk satu orang).

4. Rafting

Selain tubing, Anda juga bisa mencoba sensasi rafting bersama rombongan yang memacu adrenalin. Untuk rafting sendiri menggunakan aliran sungai yang lebih deras dan lokasinya berseberangan dengan aliran sungai untuk tubing.

Untuk durasi bermain rafting sekitar 30 menit dengan satu tim yang berjumlah 4 sampai 5 orang. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mencoba sensasi rafting di kawasan Air Terjun Pelangi ini juga sangat terjangkau yaitu Rp35.000,00 untuk 1 tim.

5. Camping

Tidak hanya aktivitas air saja, Anda juga bisa menikmati keindahan langit malam di kawasan Air Terjun Pelangi dengan berkemah. Tidak perlu repot membawa alat camping, karena tempat wisata ini sudah menyediakan tempat persewaan peralatan kemah seperti tenda, sleeping bag, matras, dan lain-lain.

6. Naik Kuda

Objek wisata alam air terjun ini juga menyediakan tempat penyewaan kuda dengan tarif sewa yang terjangkau yaitu Rp30.000,00 per orang untuk 30 menit. Fasilitas ini sangat cocok untuk Anda yang lelah berjalan, tapi ingin berkeliling menyusuri kawasan air terjun.

Asal Usul Wisata Coban Pelangi

Asal-usul nama Coban Pelangi ini sebenarnya tidak menyimpan sejarah atau makna khusus. Nama “Pelangi” sendiri diambil dari fenomena alam yang terjadi di sekitar air terjun, dimana cahaya matahari yang membias di antara batu-batuan dan tebing bersama percikan air.

Fenomena inilah yang akhirnya membentuk spektrum warna seperti pelangi dan menjadi dasar penamaan dari air terjun ini. Agar tidak kehilangan momen berharga melihat pelangi di antara percikan air terjun, maka disarankan untuk berkunjung pada pukul 10 pagi hingga 2 siang.

Wisata alam Coban Pelangi memang wajib masuk ke dalam daftar liburan Anda bersama keluarga, kerabat, atau sahabat. Lokasinya yang masih asri dan alami dengan hawa yang sejuk ini sangat cocok untuk Anda yang gemar hunting foto atau sekadar melepas penat dari rutinitas yang padat.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.