Bromo Forest Pasuruan: Daya Tarik Wisata, Lokasi, & Rute

Jawa Timur memang dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang menyediakan beragam destinasi wisata, terutama wisata alam. Salah satu destinasi wisata alam dengan pesona alam yang tak kalah dengan keeksotisan Gunung Bromo yaitu Bromo Forest.

Destinasi wisata alam yang satu ini memadukan antara suasana hutan pinus di sekitar pegunungan Bromo yang asri dengan berbagai wahana permainan menarik dan instagramable. Untuk mengenal lebih jauh mengenai lokasi dan harga tiket masuk Bromo Forest Park, mari simak ulasan berikut ini:

Lokasi Bromo Forest Pasuruan

Bromo Forest merupakan wisata alam hasil kreativitas masyarakat setempat yang terletak di area Pasuruan, Jawa Timur tepatnya di Hutan Baledono, Kecamatan Tosari. Meskipun masih terbilang baru, hutan instagramable ini wajib masuk dalam daftar wisata keluarga.

Lokasi hutan wisata ini hanya sekitar 14 km dari Bukit Cinta Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau sekitar 33 km dari pusat Kota Pasuruan. Untuk berkunjung ke lokasi wisata ini, wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena keterbatasan transportasi umum.

Cara ke Bromo Forest Pasuruan

Untuk menuju ke area Bromo Forest Park Area ini memang belum tersedia angkutan umum. Namun, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, maka tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju hutan wisata ini sudah cukup bagus.

Untuk menuju ke lokasi wisata yang satu ini, Anda bisa mengandalkan Google Maps atau mengikuti plang penunjuk jalan. Anda juga bisa bertanya pada warga sekitar, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari destinasi wisata Gunung Bromo atau sekitar 67 km dari Probolinggo.

Harga Tiket Masuk Bromo Forest

Jenis TiketHarga Tiket
HTM Wisatawan LokalRp 10.000,00/orang
HTM Wisatawan MancanegaraRp 20.000,00/orang
Wahana Pine SwingsRp 15.000,00/orang
Wahana Air BalloonRP 10.000,00/orang
Wahana Air BikeRp 20.000,00/orang

HTM Bromo Forest ini juga sudah termasuk voucher diskon untuk makanan dan minuman di Forest Café, lho. Untuk jadwal operasionalnya sendiri, wisata Bromo Forest dibuka mulai pukul 08.30 dan tutup pada pukul 16.30 WIB.

Daya Tarik Bromo Forest Pasuruan

Wisata Bromo Forest Park menyediakan berbagai spot foto yang menarik dan instagramable sehingga sayang untuk dilewatkan. Ada berbagai macam wahana permainan yang wajib dicoba seperti Air Balloon (balon udara), Air Bike (sepeda yang melayang di ketinggian), Pine Swing, dan Sky Bridge.

Di wahana Air Balloon, Anda bisa berswafoto sepuasnya bersama keluarga, kerabat, atau teman untuk mengabadikan momen liburan yang menyenangkan dan berkesan. Di dalam wisata alam ini juga terdapat deretan anak tangga dengan berbagai macam tanaman yang tampak asri.

Jika sudah lelah berkeliling, Anda bisa bersantai di Forest Café yang terletak di pusat lokasi wisata. Café ini juga menjadi spot foto favorit bagi wisatawan kaum muda karena memiliki desain yang unik dan instagramable.

Di Forest Café, Anda dapat mencicipi berbagai makanan dan jajanan khas Pasuruan, serta kopi Tengger khas daerah ini. Café ini dapat menampung sekitar 120 orang, sehingga cocok untuk gathering dan meeting kantor atau komunitas.

Suasana alami yang sejuk dan asri ditemani kicauan burung yang merdu khas Hutan Pinus Bromo ini sangat cocok untuk melepas penat dari segala rutinitas sehari-hari yang padat. Tidak perlu khawatir, karena wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti toilet dan area parkir.

Aktivitas Wisata di Bromo Forest Pasuruan

Wisata alam kekinian Bromo Forest ini menawarkan berbagai spot menarik untuk berbagai aktivitas luar ruangan (outdoor) seperti aneka wahana outbond dan wahana permainan seru lainnya. Apabila lelah berjalan, wisatawan paket wisata bromo dapat menyewa kuda.

Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, kerabat, atau sahabat, wisata alam ini juga menyediakan program baru bernama Family Farming. Dengan mengikuti program Family Farming, Anda dapat merasakan sensasi berkebun mulai dari menanam hingga memanen.

Beberapa tanaman yang tersedia di Bromo Forest Park Area ini antara lain buncis, pakcoy, selada, dan sayuran hijau lainnya yang ditanam secara organik, sehingga bebas pestisida dan aman dikonsumsi.

Selain tanaman sayuran, ada pula beberapa taman tematik seperti taman stroberi dan ketela pohon. Hutan Wisata Bromo juga menyediakan lokasi untuk Fun Camp atau tempat berkemah yang seru dan mengasyikkan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga, kerabat, atau teman.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik berkunjung ke Bromo Forest Pasuruan? Jika berlibur ke kawasan wisata Gunung Bromo, jangan lupa berkunjung ke hutan wisata satu ini karena keindahan panorama alam yang ditawarkan tidak kalah cantik dan eksotis dari Gunung Bromo, lho.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.