Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara-nya Indonesia yang Mempesona

Tidak hanya Bromo dan Semeru saja, Jawa Timur juga menyimpan potensi wisata air yang beragam, salah satunya yaitu Coban Sewu atau Air Terjun Tumpak Sewu. Untuk mengenal lebih jauh tentang Wisata Alam Coban Sewu, mari simak ulasannya berikut ini:

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini terletak perbatasan dua kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Maka tidak mengherankan jika sebagian orang menyebutnya sebagai Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang dan sebagian lagi menyebutnya sebagai Air Terjun Tumpak Sewu Malang.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ini secara geografis berada di Dusun Jagalan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, tepatnya di Jalan Raya Sidorenggo, Kampung Siji. Jarak antara lokasi wisata ini dengan pusat Kota Lumajang sekitar 52 km dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam berkendara.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Rute menuju lokasi Coban Sewu dapat ditempuh melalui 2 jalur yaitu via Lumajang dan via Malang, karena letaknya yang berada di perbatasan kedua kabupaten tersebut. Meski begitu, jalur yang paling mudah dijangkau yaitu rute via Lumajang.

Dari Lumajang, Anda bisa melewati jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur dengan kondisi jalan yang lebih mudah diakses dan dijangkau. Namun, bila titik awal keberangkatan Anda dari Malang, maka jalur yang dilalui yaitu Bululawang, lalu Pronojiwo menuju perbatasan Lumajang dan Malang.

Untuk sampai ke lokasi wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti minibus. Akses jalan menuju lokasi juga sudah terbilang memadai dan cukup lebar karena bisa memuat dua kendaraan yang berlawanan arah sekaligus.

Sementara itu, untuk menuju area air terjun, wisatawan diharuskan untuk berjalan kaki menuju lembah dengan medan yang cukup sulit dan memacu adrenalin. Wisatawan juga harus melewati dinding-dinding air terjun dan bagian tengah aliran air terjun kecil juga.

Medan jalan yang curam juga mengharuskan wisatawan untuk selalu berhati-hati dan waspada. Bahkan di beberapa titik, wisatawan harus melalui tangga yang terbuat dari bambu dengan kondisi yang sudah rusak sebagian.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena jalan-jalan yang harus dilalui untuk mencapai lokasi Coban Sewu alias Tumpak Sewu ini sudah dilengkapi dengan pengaman seperti pegangan tali, pegangan besi, dan kayu.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Daya tarik dari wisata alam air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini terletak pada panorama alam yang ditawarkan. Lokasinya yang berada di dalam hutan tentu akan memberikan efek relaksasi bagi siapapun yang berkunjung ke air terjun ini.

Hal ini dikarenakan suasananya yang masih sangat asri dengan hawa sejuk khas hutan yang menyegarkan. Sesekali, telinga Anda juga akan dimanjakan dengan kicauan burung dan suara-suara hewan hutan lainnya yang syahdu.

Air terjun ini menjadi istimewa karena bentuknya yang menyerupai tirai air yang sangat lebat, sehingga tidak seperti kebanyakan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu aliran saja. Karena bentuknya yang unik inilah, Coban Tumpak Sewu mendapat julukan sebagai Niagara-nya Indonesia.

Tidak hanya menawarkan keindahan air terjun yang unik saja, Anda juga bisa menikmati beberapa spot menarik lainnya. Berikut ini beberapa spot menarik yang wajib dicoba dan sayang untuk dilewatkan apabila Anda berlibur ke Air Terjun Tumpak Sewu:

1. Gardu Pandang

Bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan air terjun dari atas, wisata alam ini juga menyediakan gardu pandang. Gardu pandang ini merupakan bangunan yang didirikan secara permanen dengan luas sekitar 30 meter persegi yang bisa menampung sekitar 50 orang pengunjung.

Gardu pandang ini juga dilengkapi pagar pengaman yang terbuat dari besi. Jarak antara gardu pandang dengan area parkir sendiri sekitar 400 meter, sedangkan dengan air terjunnya kurang lebih berjarak sekitar 100 meter.

Dari gardu pandang ini, wisatawan dapat melihat beberapa air terjun kecil di sekitar air terjun utama. Meskipun tidak setinggi dan aliran airnya tidak sederas Air Terjun Tumpak Sewu, namun pesonanya tidak kalah menawan dengan air yang tak kalah jernih dan menyegarkan.

Air terjun kecil yang berada di sekitar Coban Sewu ini akan bermuara di kolam kecil yang berada di bawahnya, sehingga banyak wisatawan yang mandi dan berenang di kolam tersebut. Karena airnya yang sangat jernih, wisatawan dapat melihat dasar kolam dengan sangat jelas, lho.

2. Goa Bidadari

Selain gardu pandang, spot menarik di lokasi wisata air terjun ini yaitu Goa Bidadari. Goa tetes ini menyimpan sejarah sebagai tempat menyepi dan bersemedi orang-orang dengan kepercayaan tertentu.

Meski menyimpan sejarah dan mitos di balik keberadaan goa ini, wisatawan tetap diperbolehkan untuk masuk dan menyusuri goa yang berada tepat di balik air terjun.

3. Lembah Coban Sewu

Lembah air terjun ini juga menjadi spot menarik untuk menyaksikan kemegahan air terjun yang menjulang tinggi dari bawah. Dari lembah ini, wisatawan bisa melihat keindahan tirai-tirai air yang meluncur ke bawah dan merasakan kesegaran air yang jernih khas pegunungan.

Berbeda dari spot gardu pandang, di lembah ini Anda akan diajak merasakan sensasi menyegarkan dari percikan air terjun secara langsung. Keseruan juga akan semakin bertambah ketika Anda mendengar gema dari suara Anda sendiri dan suara pengunjung lainnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk bisa menikmati keindahan panorama alam dan percikan air yang menyegarkan dari destinasi wisata yang satu ini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00. Besaran harga tiket masuk ini berlaku sama, baik untuk pengunjung anak-anak maupun dewasa.

Objek wisata ini juga buka selama 24 jam nonstop, baik di hari biasa maupun liburan akhir pekan dan hari libur nasional. Meski begitu, waktu yang tepat untuk berkunjung ke objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini yaitu di pagi hari karena suasananya yang masih segar dan belum terlalu terik.

Untuk fasilitas yang disediakan di objek wisata Coban Sewu juga sudah cukup lengkap seperti area parkir yang memadai, toilet umum, mushola, dan beberapa kedai atau warung makan. Apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan lebih lama, Anda bisa menginap di penginapan terdekat.

Dari penjelasan di atas, Anda semakin yakin untuk menghabiskan waktu liburan ke Air Terjun Tumpak Sewu, bukan? Wisata alam ini sangat recommended, terutama bagi Anda yang ingin melepas penat dan menenangkan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.